Huawei: Penguasa Pasar Ponsel Lipat di Tiongkok dengan Pengiriman Meningkat

Huawei Fold

Meskipun terjadi perlambatan di pasar ponsel pintar terbesar di dunia. Tiongkok daratan menyaksikan lonjakan luar biasa dalam pengiriman ponsel lipat tahun lalu. Dengan Huawei Technologies tetap mempertahankan dominasinya di segmen yang berkembang pesat ini.

Menurut laporan dari firma riset pasar teknologi IDC yang dirilis pada hari Selasa, pengiriman ponsel lipat di Tiongkok daratan melonjak menjadi 7,01 juta unit pada tahun 2023. Menandai peningkatan yang mencengangkan sebesar 114 persen dari 3,2 juta pada tahun sebelumnya. Pertumbuhan triple-digit yang berkelanjutan selama empat tahun berturut-turut ini menyoroti popularitas yang meningkat dari ponsel lipat. Termasuk perangkat dengan tipe clamshell yang bisa dibuka secara vertikal dan model berbentuk buku yang dapat diperluas secara horizontal, sejak diperkenalkan di pasar daratan pada tahun 2019.

Huawei Dominan

Memimpin dalam hal pengiriman, Huawei yang berbasis di Shenzhen memperoleh pangsa pasar yang dominan sebesar 37,4 persen. Didorong oleh kesuksesan model Mate X5 yang dirilis pada bulan September. Saingan terdekat, Oppo dan Honor, yang dulunya merupakan anak perusahaan dari Huawei, masing-masing menduduki pangsa pasar sebesar 18,3 persen dan 17,7 persen.

Meskipun Samsung Electronics, pemimpin global dalam pengiriman ponsel lipat, memperoleh sebagian besar pangsa pasar global. Perusahaan tersebut menempati posisi keempat di Tiongkok daratan dengan pangsa pasar sebesar 11 persen, sesuai laporan IDC.

Lonjakan permintaan ponsel lipat disebabkan oleh kemajuan dalam hal perangkat keras dan perangkat lunak. Ditambah dengan harga yang lebih terjangkau yang menarik pangsa pasar yang lebih luas. Lonjakan ini memberikan sedikit harapan di tengah pasar ponsel pintar domestik yang lesu. Yang mengalami penurunan pengiriman sebesar 5 persen menjadi 271,3 juta unit, volume terendah dalam satu dekade, menurut IDC.

Melihat ke depan, model lipat diperkirakan akan tetap menjadi titik fokus bagi produsen ponsel pintar. Dengan kehalusan dan keringan semakin memengaruhi preferensi konsumen. Meskipun ponsel lipat dengan tipe clamshell tetap populer, model berbentuk buku seperti Mate X5 dari Huawei telah mendapatkan popularitas. Terutama di kalangan pekerja jarak jauh yang menghargai layar berukuran tablet saat dibuka sepenuhnya.

Meskipun memiliki harga premium, ponsel lipat dengan tipe buku telah berhasil menciptakan pasar tersendiri di kalangan profesional bisnis. Namun, perlu dicatat bahwa ponsel lipat masih mewakili sebagian kecil dari total pengiriman ponsel pintar secara global dan di Tiongkok daratan. Apple, pemimpin pasar ponsel pintar premium global, dilaporkan sedang menjelajahi pengembangan iPhone dengan tipe clamshell, menunjukkan adanya potensi persaingan di arena ponsel lipat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *